Plh. Bupati OKU Dukung Penuh Pembangunan Gedung Laboratorium Terpadu Balai Litbangkes Baturaja

Kepala Balai Litbangkes Baturaja beserta jajarannya melakukan audiensi ke kantor Bupati OKU pada Selasa (30/3) siang. Kunjungan ini terkait dengan rencana pembangunan gedung laboratorium terpadu Bio Safety Level 2 di lingkungan Balai. Turut hadir pada pertemuan tersebut Pelaksana Harian Bupati OKU Drs. H. Edward Chandra, M.H., Plt. Asisten II Setda OKU Kadarisman, S.Ag., M.Si, serta Sekretaris Dinas Kesehatan Rozali, SKM.

Bertempat di ruang kerja Bupati, Yulian Taviv, SKM., M.Si. selaku Kepala Balai, beserta Tim Internal Balai Litbangkes Baturaja mmaparkan bahwa pembangunan laboratorium terpadu ini bertujuan untuk membantu pemerintah daerah kabupaten OKU dan provinsi Sumatera Selatan didalam percepatan penanganan dan pemeriksaan pasien Covid-19 serta penyakit menular lain seperti TBC, Malaria, Demam Berdarah, Filariasis, dan sebagainya.

Pembangunan gedung laboratorium ini akan dimulai pada bulan Juni hingga September 2021 mendatang dan diperkirakan akan mengeluarkan dana sebesar Rp. 7.600.000.000 dengan menggunakan anggaran DIPA satu tahun anggaran. Laboratorium yang akan dibangun terdiri dari tiga lantai yang berdiri di atas lahan seluas kurang lebih 546 m2, untuk bangunan dengan ukuran 17x21m2. Lantai pertama berfungsi sebagai laboratorium Biomolekuler dengan standar BSL-2 sebagai central pemeriksaan pasien Covid-19. Sedangkan lantai kedua akan difungsikan sebagai laboratorium Entomologi, Laboratorium Parasitologi, serta Laboratorium Imunologi dan Virologi. Sementara lantai tiga sebagai ruang kerja petugas LabMaka dari itu, Kepala Balai Litbangkes meminta dukungan pemerintah daerah terkait perizinan pembangunan gedung laboratorium terpadu Bio Safety Level 2 ini.

Pelaksana harian bupati OKU Drs. H. Edward Candra,  M.H., menyambut baik dan sepenuhnya mendukung rencana Balai Litbangkes Baturaja untuk membangun gedung laboratorium terpadu ini. Keberadaan gedung laboratorium terpadu tentunya sangat diharapkan oleh masyarakat kabupaten, sebab dapat mempermudah pemeriksaan berbagai penyakit menular terutama di wilayah OKU. Sehingga, eksistensi laboratorium terpadu Bio Safety Level 2 di Balai Litbangkes Baturaja nantinya akan menjadi kebanggaan masyarakat OKU. Untuk itu, Plh. Bupati OKU berharap pelaksanaan pembangunan dapat segera dilaksanakan dan berjalan dengan lancar, mengingat masih banyak kasus Covid-19 yang terjadi di kabupaten  OKU. (df)