Kajian Ilmiah Berkala (KIB) Perdana Balai Litbangkes Baturaja di Tahun 2021

Balai Litbangkes Baturaja kembali mengadakan Kajian Ilmiah Berkala (KIB) pada Selasa (2/3) pukul 9 pagi WIB. KIB perdana di tahun 2021 ini dilakukan secara daring dengan memanfaatkan aplikasi Zoom Meeting sebagai sarana diskusi. Kegiatan ini merupakan pertemuan rutin setiap bulan yang diadakan di Balai Litbangkes Baturaja sejak tahun 2014. Informasi yang dibagikan tidak terbatas pada bidang kesehatan saja, melainkan informasi terbaru dan terhangat yang bisa diangkat dan dibahas ke dalam forum.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Balai Litbangkes Baturaja, Kasi Program dan Kerjasama, Kasi Layanan dan Sarana Penelitian, serta seluruh peserta kegiatan KIB. Meskipun tidak berlangsung secara tatap muka, peserta KIB tetap menunjukkan antusiasme dan semangatnya dalam mengikuti kegiatan ini.

Pemaparan materi KIB kali ini dibagi menjadi 2 (dua) sesi. Sesi pertama disampaikan  oleh ibu Maya Arisanti, SKM  dengan tema 10 Pesan Gizi Seimbang. 10 pesan tersebut antara lain: 1) Syukuri dan nikmati aneka ragam makanan, 2) Biasakan konsumsi sayur dan cukup buah-buahan, 3) Biasakan konsumsi lauk pauk yang mengandung protein tinggi, 4) Biasakan mengkonsumsi aneka ragam makanan pokok, 5) Batasi konsumsi pangan asin, manis, dan berlemak, 6) Biasakan sarapan, 7) Biasakan minum air putih yang cukup dan aman, 8) Biasakan membaca label kemasan pangan, 9) Cuci tangan pakai sabun dengan air bersih mengalir, serta 10) Lakukan aktivitas fisik yang cukup dan pertahankan berat badan normal.

Pemenuhan gizi yang baik dan seimbang akan meningkatkan kesehatan setiap individu dan masyarakat secara lebih luas. Maka dari itu, perlunya penerapan 10 pesan gizi seimbang untuk menjaga tubuh tetap sehat dan meningkatkan produktivitas tubuh.

Selanjutnya, sesi kedua disampaikan oleh Ibu drh. Nungi Hapsari Suryaningtyas yang membagikan informasi mengenai pemetaan wilayah dengan menggunakan drone. Drone adalah sebuah pesawat terbang tanpa awak atau yang disebut juga dengan Unmanned Aerial Vehicles (UAV). Ukurannya yang tidak seperti pesawat pada umumnya namun dilengkapi dengan berbagai fitur yang mendukung seperti kamera, infra merah, GPS, serta sensor menjadikan drone sebagai alat yang tepat untuk menghasilkan data yang akurat melalui tampilan udara. Selain itu, drone juga dapat menjangkau area yang jauh dan terpencil.

Kepala Balai Litbangkes Baturaja, Yulian Taviv., SKM., M.Si., sangat mengapresiasi rekan-rekan yang terlibat dalam pelaksanaan KIB tersebut. Ia pun berharap KIB dapat berjalan dengan baik hingga akhir tahun 2021 mendatang. (df)